PENGARUH STABILISASI SEMEN TERHADAP BIAYA KONSTRUKSI PERKERASAN LENTUR (FLEXIBLE PAVEMENT) DI PANDAAN JAWA TIMUR

2 Oktober 2010

Abstrak

Pembangunan prasarana jalan memerlukan biaya yang cukup besar, bahkan bisa menjadi semakin besar bila harus melewati tanah yang kurang baik seperti di lokasi jalan masuk Taman Dayu Pandaan ini. Tanah dasar (sub grade) tersebut mempunyai CBR = 2,8% berbutir halus 76% > 50% lolos saringan no. 200, batas cair (LL) = 57 % dan Indeks Plastis (PILIH DAN KLIK) 32,96%. Menurut klasifikasi USCS termasuk CH soil (lempung plastisitas tinggi). Oleh karena itu diperlukan stabilisasi kimia seperti semen untuk meningkatkan kekuatan tanah dasar (sub grade).

Penambahan bahan kimia tersebut jelas membutuhkan biaya, karena itu yang menjadi permasalahan adalah ekonomis tidak penambahan bahan kimia tersebut. Untuk itu dilakukan perhitungan kebutuhan tebal Perkerasan sebelum dan sesudah dilakukan stabilisasi kimia seperti semen, yang hasilnya terutama biaya dibandingkan satu hari. Perhitungan-perhitungan menggunakan metode analisa komponen SKBI 2.3.2.6. 1987.

Hasil perhitungan menunjukkan bahwa semakin banyak kadar semen, semakin meningkatkan biaya pembangunan. Besar peningkatan biaya berturut-turut adalah 21,42%, 12,54%, 7,01% untuk masing-masing kadar semen 4%, 8%, 10%. Penurunan biaya relatif sedikit yakni sebesar 5,81% pada kadar semen 6%. Naiknya biaya pembangunan disebabnya adanya persyaratan tebal minimum subbase (D3) sebesar 10 cm bertambah tebalnya lapisan tanah + bahan kimia karena meningkatnya CBR sub grade.


Ir. Djoko Sulistiono                     
Staf Pengajar Program Diploma          
Jurusan Teknik Sipil          
FTSP Institut Teknologi Surabaya

Ir. Sulchan Arifin, M.Eng
Staf Pengajar Program Diploma
Jurusan Teknik Sipil
FTSP Institut Teknologi Surabaya


Full Artikel Download Disini

ENGINEERING PROPERTIES BAHAN PERKERASAN JALAN STUDI KASUS GRASBERG HAUL ROAD, TIMIKA, PAPUA

Abstrak
Ketersediaan agregat adalah salah satu aspek penting yang perlu dipertimbangan dalam perancangan perkerasan jalan. Ketersediaan ini terkait dengan kualitas, kuantitas dan biaya eksplorasi yang rendah. Pada konstruksi Grasberg Haul Road, PT Freeport Indonesia telah menggunakan sumber material untuk bahan perkerasan jalan. Pada lokasi jalan tersebut, tersedia sumber batuan untuk agregat, tetapi sayangnya, umumnya batuan tersebut termasuk dalam kategori batuan sedimen yang umumnya kurang baik digunakan sebagai bahan perkerasan jalan. Tujuan penelitian ini ada untuk melihat engineering properties dari material yang digunakan pada konstruksi Grasberg Haul Road. Penelitian ini dilakukan dalam sekala laboratorium dan analisa yang dilakukan berdasarkan perbdaningan antara hasil pengujian dengan spesifikasi material untuk perkerasan jalan. Sampel yang dikirimkan untuk diuji di laboratorium dibagi atas empat kelompok, yaitu Marble (dengan kode RQM), Diorite (dengan kode DIO), dan dua kelompok Limestone, dengan kode masing-masing RQ1 dan RQ2. Jenis tes yang dilakukan adalah Los Angeles Abrasion Test, Aggregate Impact Value, Aggregate Crushing Value, Berat Jenis, Kadar Air, Pelapukan (Soundness), dan kelekatan terhadap aspal. Dari empat kelompok yang diuji dan dianalisa, didapat bahwa hanya batuan limestone dengan kode RQ2 saja yang dapat digunakan sebagai bahan perkerasan jalan.



Ir. Sony S Wibowo, MT
Staf Pengajar Jurusan Teknik Sipil
Institut Teknologi Bandung
Jalan Ganesha 10 Bandung 40132
Telp. 62-22-250 2350; fax. 62-251 2395
sswibowo@trans.si.itb.ac.id



Ir. Bambang Ismanto Siswosoebrotho, MSc., PhD.
Staf Pengajar Jurusan Teknik Sipi
 Institut Teknologi Bandung
Jalan Ganesha 10 Bandung 40132
Telp. 62-22-250 2350; fax. 62-251 2395
bis@trans.si.itb.ac.id

Full Dokumen Download Disini

MENINGKATKAN MUTU ASPAL DI PERKERASAN JALAN YANG TELAH LAPUK DENGAN CARA DINGIN

RINGKASAN
Suatu hal yang tidak dapat dipungkiri bahwa Aspal di perkerasan jalan makin lama makin turun mutunya akibat dari proses oksidasi dan polimerisasi. Hal ini ditunjang dengan kenyataan bahwa Indonesia terletak didaerah Tropis, sehingga faktor cuaca dapat memicu terjadinya pelapukan aspal, disamping faktor-faktor penyebab lainnya. Meningkatkan mutu aspal di perkerasan jalan ada dua cara yaitu: a). dengan cara pelaburan dengan aspal atau dengan aspal emulsi yang dicampur dengan bahan peremaja apabila kondisi kerusakan berupa retak halus yang umumnya disebut surface dressing, b). dengan cara penggarukan kemudian ditambah dengan bahan additive, dan atau dengan ditambah aspal baru serta ditambah agregat baru yang umum disebut daur ulang (recycling). Dari hasil penelitian, cara pelaburan dapat meningkatkan mutu aspal di perkerasan jalan dari penetrasi aspal 10 - 11 menjadi 33 – 35 dan daktilitas aspal dari 14 -15 cm menjadi 140 cm sehingga perkerasan dapat bertahan selama 2 tahun, demikian juga dengan metoda daur ulang cara dingin (cold mix) perkerasan dapat tahan lebih dari 4 tahun pada lalu lintas sedang. 


Tjitjik Wasiah Suroso
Puslitbang Jalan dan Jembatan
Jl. A.H. Nasution No.264 Bandung
E-mail : tjitjiksuroso@yahoo.com
Diterima : 14 Januari 2009; Disetujui : 20 April 2009

Type    |  PDF
Download Full Dokumen

PEDOMAN PELAKSANAAN Peningkatan Infrastruktur Perdesaan

1 Oktober 2010

Salah satu masalah yang dihadapi dalam peningkatan ekonomi lokal adalah kurang tersedianya infrastruktur yang memadai, terutama di daerah perdesaan. Kondisi pelayanan infrastruktur
perdesaaan umumnya masih kurang, hal ini terlihat dari sebagian besar penduduk di desa
tertinggal harus menempuh jarak sejauh 6-10 km ke pusat pemasaran (terutama pusat
kecamatan), bahkan di desa lainnya penduduk harus menempuh jarak lebih dari 10 km dengan
kondisi jalan yang memprihatinkan. Penduduk yang terlayani air minum perpipaan perdesaan
masih sangat rendah, selebihnya masih mengambil langsung dari sumber air yang belum
terlindungi. Sementara itu, banyak petani di desa tertinggal memiliki luas lahan pertanian kurang
dari 0,5 ha (lahan marjinal). Dengan kondisi tersebut maka dibutuhkan strategi penanganan
penyediaan infrastruktur perdesaan yang dapat mendukung terjaminnya peningkatan dan
keberlanjutan kegiatan perekonomian di perdesaan.
Untuk menanggulangi permasalahan kemiskinan di perdesaan, pemerintah telah mencanangkan
program revitalisasi pertanian dan pembangunan dengan pemenuhan kebutuhan pendukung
produksi (khususnya pertanian), pendukung pasca produksi (khususnya pemasaran), dan
pemenuhan kebutuhan dasar petani. Pada tahun 2005, pemerintah melalui Departemen
Pekerjaan Umum, melaksanakan Program Kompensasi Pengurangan Subsidi-Bahan Bakar
Minyak bidang Infrastruktur Perdesaan (PKPS-BBM IP). Program tersebut telah berhasil
meningkatkan akses masyarakat miskin kepada infrastruktur perdesaan dan secara tidak
langsung telah meningkatkan kegiatan perekonomian di perdesaan.

Untuk Lebih Jelasnya Download Disini

Jukni Pipa

Penyedia Jasa Pengadaan harus menyediakan dan menyertakan semua pipa dan fitting, valve, coupling, meter, mur, baut, gasket, material penyambung dan bahan pelengkap sebagaimana dirinci dalam Daftar Kualitas dan Bahan atau dalam gambar / drawing.
Penyedia Jasa Pengadaan harus menyediakan perpipaan dari semua material sebagaimana dirinci disini dan ditunjukkan dalam daftar kuantitas bahan. Semua pipa, fitting, valve dan perlengkapan lainnya harus sesuai dengan untuk pemakaian di daerah tropis, beriklim lembab dan bersuhu udara 32o C. Tekanan kerja normal tidak akan lebih dari 8 bar dan uji tekanan di lapangan tidak lebih dari 10 bar.
Penyedia Jasa Pengadaan harus menyediakan suatu affidavit (Sertifikat Jaminan Barang) dari pabrik pembuat yang menyatakan bahwa barang tersebut sesuai dengan kebutuhan yang dirinci dalam spesifikasi teknis. Penyedia Jasa Pengadaan juga harus menyampaikan tentang laporan hasil uji kimiawi dan fisik yang telah dilakukan di pabrik dan berlaku untuk semua jenis barang.


REFERENSI STANDARD
Referensi pada standard dalam dokumen lelang ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran mengenai jenis dan kualitas material yang diminta.
Semua material yang ditawarkan harus produksi dalam negeri dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Bila ternyata belum ada SNI untuk produk tertentu atau belum dibuat di dalam negeri, maka yang ditawarkan dapat menggunakan standard lain, dengan syarat bahwa kualitas keseluruhan sekurang-kurangnya sama dengan apa yang ditetapkan dalam dokumen lelang ini.
Semua material yang dikirim harus seratus persen baru (bukan material bekas), dalam keadaan baik dan memenuhi syarat spesifikasi teknis yang ditentukan.
Barang atau peralatan yang di produksi di dalam negeri atau berasal dari luar negeri dan sudah diatur dalam SNI maka barang/peralatan tersebut wajib memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI).


Untuk Lebih Jelasnya Download Disini

Modul Pemasangan Rangka Baja Ringan

Pemasangan konstruksi rangka atap baja ringan
Pemasangan kuda-kuda baja ringan di atas struktur pendukungnya (kolom atau ringbalk) harus dilaksanakan secara benar dan cermat, agar rangka atap baja ringan terpasang sesuai dengan persyaratannya. Persyaratan teknis rangka atap baja ringan di antaranya adalah:

  1. Kuda-kuda terpasang kuat dan stabil, dilengkapi dengan angkur (dynabolt) pada kedua tumpuannya.
  2. Semua kuda-kuda tegak-lurus terhadap ringbalk.
  3. Ketinggian apex untuk pemasangan nok di atas setiap kuda-kuda rata.
  4. Sisi miring atap rata (tidak bergelombang).
  5. Tidak ada kerusakan lapisan pelindung.
  6. Tidak terjadi deformasi (perubahan bentuk) akibat kesalahan pelaksanaan pekerjaan.
Untuk Lebih Jelas Download Disini

PENGUMUMAN PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL KEJAKSAAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN ANGGARAN 2010

PENGUMUMAN PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL KEJAKSAAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN ANGGARAN 2010
KEJAKSAAN AGUNG REPUBLIK INDONESIA
J A K A R T A


P E N G U M U M A N
NOMOR : PENG- 001/C.4/Cp.2/ 09/2010
T E N T A N G


PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
KEJAKSAAN REPUBLIK INDONESIA TAHUN ANGGARAN 2010
Kejaksaan Republik Indonesia membuka pendaftaran Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2010 untuk mengisi formasi Pegawai Negeri Sipil Kejaksaan RI yang akan ditempatkan di Kejaksaan seluruh Indonesia sebanyak 1.583, dengan perincian sebagai berikut :
NO JABATAN GOL KUALIFIKASI PENDIDIKAN JUMLAH 1 2 3 4 5
I  Calon Jaksa III/a S.1 Hukum ( Ilmu Hukum / Hukum : Perdata, Pidana, Tata Negara, Administrasi Negara, Internasional dan Bisnis / Ekonomi) 150
II  Operator Komputer II/c Diploma III Komputer 142 Verifikasi Keuangan
II/c Diploma III Akuntansi / Manajemen / Pajak / Perbankan 110
Pengadministrasi Perkara
II/c  Diploma III Administrasi / Perkantoran / Niaga / Negara / Kepegawaian / Sekretaris / Hukum 40
Pranata Humas II/c Diploma III Komunikasi 31
III  Pengaman Tahanan dan Barang Bukti
II/a  SMU atau sederajat plus keahlian Bela Diri / Pelatihan Satuan Pengaman 650
Pengemudi Kendaraan Tahanan
II/a  SMU atau sederajat plus keahlian Mengemudi Untuk Laki-Laki 460


untuk lebih jelas download disini



Situs Download dan Share Video Gratis

Free Video donwload and Upload

Blip.tv VideoEgg Dailymotion YouTube Veoh Google Video Grouper Jumpcut AOL Eyespot Addictingclips, BallOfDirt Blastrop Blinkx Bolt Break CastPost Clipfish ClipShack Crunchyroll Current TV Dabble Daum DropShots Eefoof EngageMedia Evtv1 ExpertVillage Filecow FlickDrop Fligz Flixya Flurl GodTube Gofish GUBA HomeMovie iFilm JibJab LiveVideo Lulu TV ManiaTV Metacafe Motionbox MSN Soapbox Myspace MyVideo OneWorldTV Openvlog Ourmedia Pandora TV Panjea Peekvid Phanfare Pickle Putfile Revver SceneMaker Sharkle Stage6 Sumo TheVideoSense Tudou Twango UVU Video Sharing Veoh Video Webtown VidiLife Vimeo vMix Vobbo Vodpod Vsocial Webshots Woomu Yikers You are ZippyVideos zooppa