KERANGKA ACUAN KERJA PELATIHAN PENGELOLAAN DATA-DATA SPASIAL DIGITAL

12 Maret 2011

1.1 Kemajuan teknologi informasi telah membuat seolah-olah tidak ada lagi batas waktu dan wilayah. Informasi dari satu wilayah ke wilayah lain dapat disampaikan secara cepat dan tepat. Hal ini tidak terlepas dari perkembangan teknologi komputer yang dapat menyediakan data/ informasi terkini. Pemanfaatan teknologi komputer memungkinkan terjadinya pertukaran data/ informasi dalam suatu jaringan kerja yang tidak hanya mengandalkan pertukaran data tetapi juga adanya penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak secara bersama-sama
1.2. Dibeberapa unit pelayanan, proses pengelolaan data merupakan sesuatu hal yang rumit, padahal data dan informasi yang akurat, tepat waktu dan lengkap sebagai produk dari sistem informasi kesehatan yang baik, sangat diperlukan dalam proses pengambilan keputusan. Fakta yang selama ini dihadapi adalah data yang ada belum dimanfaatkan secara optimal untuk menghasilkan informasi, karena data yang ada kurang diolah dan dianalisis.
1.3. Sistem informasi Geografis atau Geografis Information Sistem (GIS) adalah sebuah sistem yang diterapkan untuk mengelola sebuah informasi yang sifatnya geografis, sehingga pengelolaan data menjadi lebih efisien. Maksud pengelolaan informasi adalah agar penyimpanan informasi itu bisa lebih tertib, pemilahan (pengelompokan) yang konsisten, pemanggilan (retrival) lebih cepat, dan penambahan serta perbaikan menjadi lebih mudah. Secara definisi, SIG adalah suatu perangkat untuk mengumpulkan, menyimpan, menampilkan dan mengkorelasikan data spasial dari fenomena geografis untuk dianalisis dan hasilnya didokumentasikan kepada pemakai data bagi keperluan pengambilan keputusan. Dibeberapa unit pelayanan, proses pengelolaan data merupakan sesuatu hal yng rumit, padahal data dan informasi yang akurat, tepat waktu dan lengkap sebagai produk dari sistem informasi yang baik, sangat diperlukan dalam proses pengambilan keputusan.
1.1. Dengan adanya permasalahan diatas maka perlu diadakan Pelatihan Sistem Informasi Geografis yang nantinya dapat membuat petugas pengelola data dan informasi di BPKS dan pemegang program untuk kemajuan program terutama dalam analisis data spasial atau data mapping di BPKS sebagai salah satu Kawasan Pelabuhan Bebas dan Perdagangan Bebas. BPKS adalah suatu lembaga yang telah berkembang mempunyai banyak aset yang berhubungan dengan lokasi dan banyak kegiatan pula yang berkaitan dengan aset tersebut. Dalam mendiskripsikan obyek (aset) digunakan data tekstual dan dan data spasial. Tetapi untuk mengintegrasikan data tekstual dan data spasial (peta) dalam menangani pengelolaan aset , untuk analisis dan pengambilan keputusan diperlukan suatu sistem. Sementara ini, sistem yang digunakan adalah SIG (sistem informasi geografis).
SIG merupakan:
₋ sistem informasi yang berkaitan dengan geografis;
₋ himpunan terpadu dari hardware, software, data geografis dan personil untuk mengelola data dan menampilkan informasi yang bereferensi geografis (bumi)
₋ sistem yang terkait dengan komputer yang mampu menangani dan menggunakan data yang menjelaskan lokasi pada permukaan bumi.

Untuk Lengkapnya
Download Here

2 komentar

bimtek mengatakan...

mantap tulisannya.. peran ilmu GIS diera sekarang semakin bermanfaat. terimakasih mas, salam kenal. pelatihan gis

4 Desember 2015 pukul 22.24
Unknown mengatakan...

kak linknya gak bisa didownload. bisa minta tulisannya dikirim email kak? afrindadara@gmail.com
Terimakasih, saya sangat membutuhkan file ini

18 November 2017 pukul 17.28

Posting Komentar

Situs Download dan Share Video Gratis

Free Video donwload and Upload

Blip.tv VideoEgg Dailymotion YouTube Veoh Google Video Grouper Jumpcut AOL Eyespot Addictingclips, BallOfDirt Blastrop Blinkx Bolt Break CastPost Clipfish ClipShack Crunchyroll Current TV Dabble Daum DropShots Eefoof EngageMedia Evtv1 ExpertVillage Filecow FlickDrop Fligz Flixya Flurl GodTube Gofish GUBA HomeMovie iFilm JibJab LiveVideo Lulu TV ManiaTV Metacafe Motionbox MSN Soapbox Myspace MyVideo OneWorldTV Openvlog Ourmedia Pandora TV Panjea Peekvid Phanfare Pickle Putfile Revver SceneMaker Sharkle Stage6 Sumo TheVideoSense Tudou Twango UVU Video Sharing Veoh Video Webtown VidiLife Vimeo vMix Vobbo Vodpod Vsocial Webshots Woomu Yikers You are ZippyVideos zooppa